Select Page

PENYEBAB RUSAKNYA TERUMBU KARANG

Indonesia adalah salah satu negara dengan banyaknya keindahan alam di dalamnya. Kita seharusnya patut bangga dan juga bersyukur bisa tinggal di negara yang telah banyak tersimpan sumber daya alamnya. Keindahan alam tersebut dapat meliputi berbagai hal salah satunya adalah keindahan di bawah laut nya. Tentu saja kita memiliki banyak laut yang membentang luas dan juga keindahan di dalamnya. Di dalam laut tersebut juga memiliki banyak spesies hewan laut dan juga tumbuh-tumbuhan indah. Nah, salah satunya adalah terumbu karang. Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang hidup saling menguntungkan satu sama lain yang memiliki bentuk seperti tumbuhan. Indonesia merupakan negara dengan spesies terumbu karang terbanyak di dunia. 

Penyebab-Penyebab Rusaknya Terumbu Karang Di Indonesia

Terumbu karang adalah hewan yang berada di dalam laut. Hewan ini banyak memiliki jenis dan juga keindahan. Akibat keindahannya, terumbu karang ini banyak diincar dan dirusak oleh manusia yang tidak bertanggung jawab untuk dijual dengan harga yang fantastis. Tidak hanya itu, hal tersebut membuat terumbu karang menjadi rusak dan laut tidak indah lagi. Nah, sekarang ini banyak orang yang membudidayakan terumbu karang agar membuat keindahan dalam laut menjadi indah kembali. Tentu saja terumbu karang juga dapat menjadi rumah bagi hewan-hewan laut agar terhindari dari bahaya. Nah, inilah penyebab rusaknya terumbu karang:

  • Pencemaran dalam bentuk penambangan 

Di dalam laut sendiri memiliki keindahan yang bahkan kita tidak ketahui. Nah, di bawah laut juga memiliki sumber daya alam seperti minyak bumi dan juga sumber daya alam lain. Nah, hal itu banyak manusia melakukan penambangan minyak di bawah laut. Minyak-minyak tersebut tentunya dibawa oleh kapal-kapal besar menuju ke daratan. Pastinya saat perjalanan tersebut, pasti ada saja minyak yang banyak tumpah di laut. Nah, minyak tersebut tentu saja dapat mencemari air laut. Yang juga dapat menjadikan terumbu karang menjadi terkena getahnya dan juga dapat menjadikan terumbu karang tersebut juga rusak. 

  • Pengambilan terumbu karang secara ilegal

Terumbu karang adalah salah satu faktor utama keindahan di dalam laut. Jika tidak ada terumbu karang, laut tersebut tentu saja akan terlihat biasa saja. Sekarang ini banyak orang memburu dan mengambil terumbu karang secara ilegal dan dalam jumlah yang tidak sedikit. Tentu saja hal itu, dapat menyebabkan terumbu karang rusak dan habis. Terumbu karang yang diambil oleh manusia tersebut tentu saja hanya akan dijadikan untuk aksesoris dan juga hiasan. Padahal hal ini tentu saja dapat merugikan ekosistem di laut. 

  • Penebangan hutan mangrove

Hutan mangrove adalah hutan bakau di tepi pantai untuk mencegah terjadinya abrasi atau pengikisan pasir pantai. Nah, jika hutan mangrove banyak di tebang dapat mengakibatkan ekosistem laut seperti terumbu karang akan rusak atau tidak berjalan dengan semestinya. Tentu saja hal ini juga akan mengakibatkan pantai tersebut tidak indah lagi. Maka dari itu kita harus melestarikan hutan bakau di sekitar tepi pantai. Tentu saja hal itu juga akan memperindah pantai dan juga mencegah adanya pemfilteran air. 

Nah, itulah beberapa penyebab rusaknya terumbu karang di Indonesia. Tentu saja hal tersebut jika kita lakukan akan menjadikan laut menjadi indah kembali dan juga terawat. Tidak hanya itu terumbu karang juga akan bisa menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil di laut dan juga indah.